بِسْــــــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

SIMKAH Solusi "Pemodernan Pencatatan Nikah"

SIMKAH (Sistem Informasi
Manajemen Pernikahan)
Pengelolaan administrasi perkantoran yang bersifat konvensional dituntut sesegera mungkin beralih ke era digital. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi yang disertai dengan tuntutan pelayanan yang efektif dan efisien.

Intansi pemerintah, termasuk Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, mencoba mewujudkan tuntutan jaman ini dengan melahirkan aplikasi pengelolaan nikah pada KUA yang disebut SIMKAH. Pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pernikahan yang sudah diterapkan oleh Ditjen Bimas Islam semakin banyak berperan dalam mewujudkan sistem perkantoran modern pada Kantor Urusan Agama.

Dalam perkembangannya aplikasi SIMKAH banyak mendapatkan respon dari berbagai pihak. Beberapa di antaranya tanggapan positif baik dari operator SIMKAH pada KUA (internal) maupun masyarakat umum (External). Respon yang membangun ini sangat dibutuhkan oleh pengelola SIMKAH karena pada akhirnya menjadi bahan evaluasi kebijakan pengembangan sistem informasi nikah.

Lalu, apa seh fungsi SIMKAH? Fungsi dan manfaat dari Simkah di antaranya:
  1. Membangun Sistem Informasi Manajemen Penikahan dicatat di KUA-KUA; 
  2. Membangun infrastruktur database dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mengakomodasi kebutuhan manajemen dan eksekutif; 
  3. Membangun infrastruktur jaringan yang terintegrasi antara KUA ditingkat daerah sampai Kantor Pusat; 
  4. Penyajian data yang cepat dan akurat serta mempermudah pelayanan, pengendalian dan pengawasan; 
  5. Pelayanan bagi publik untuk mendapatkan informasi yang lengkap, cepat dan akurat.
Untuk melengkapi fungsinya, SIMKAH disertai dengan fitur aplikasi, yaitu:
  1. Data Master (Meliputi tempat KUA, Petugas (Penghulu dan P3N) juga ID dan Password)
  2. Rekap (Meliputi data berupa jumlah bilangan peristiwa pernikahan pertahun. disini juga bisa melihat rekap peristiwa pernikahan KUA-KUA seluruh Indonesia)
  3. Grafik (Meliputi Gambaran Grafik pertahun peristiwa pernikahan)
  4. Detail (Meliputi daptar penikahan mulai dari No. register, nama catin laki-laki, catin perempuan, tanggal pernikahan dan tempat pelaksanaan)
  5. Entry Data (Meliputi pengisian berkas-berkas peristiwa pernikahan baik dari Model N1 s.d N7, model NB atau Akta Cerai)
Dengan adanya SIMKAH ini diharapkan akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah memantau peristiwa pernikahan. Diharapkan tidak ada lagi manipulasi data diri yang biasa dilakukan untuk melangsungkan pernikahan kedua dan seterusnya, sehingga lembaga perkawinan sebagai gerbang awal pembangunan bangsa bisa tejaga dengan baik.

Sumber: bimasislam.kemenag.go.id

13 comments

Semoga KUA Gedebage semakin maju lagi !

Anonim
16 November 2011 09.57

Terima kasih untuk blog yang menarik

17 November 2011 10.23

@KUA KECAMATAN CILOGRANG KABUPATEN LEBAK PROPINSI BANTENSyukron atas motivasinya.., mari kita sama sama berjuang untuk memajukan KUA dimanapun kita ditempatkan.
Salam Hormat Buat KUA KECAMATAN CILOGRANG KABUPATEN LEBAK PROPINSI BANTEN..!!

17 November 2011 10.24

@AnonimKembali Kasih..!!

29 November 2011 19.49

Assalamu'alaikum, salam kenal lami dari KUA Lubuk Dalam KAB. Siak Riau

KUA Surian
31 Maret 2012 09.15

Assalamu 'alaikum. Alhamdulillah, Hatur salam nya dari KUA Surian Kab. Sumedang. Menarik sekali Blog-nya, sekalian Aplikasi SIMKAH gimana? Syukron katsiro

21 April 2012 13.21

Asslam, salam kenal dari KUA KECAMATAN TALIBURA MAUMERE-NTT,,,semoga dengan SIMKAH sampai merembah ke NTT

Anonim
4 Oktober 2012 22.49

assalamu'alaikum....saya staf kua kec. 50 Kab. Batu Bara....kami jg pengen kua kami berbasis IT. Gmn caranya agar kami dapat maju seperti kua gedebage?
dan bagaimana cara aplikasi SIMKAH

15 Oktober 2012 11.25

@AnonimTerima kasih atas apresiasi positifnya, sebetulnya kami juga tak terlalu memiliki banyak kelebihan dibanding KUA-KUA yang lain.... modal kami sebetulnya hanya sedikit KEMAUAN. Kami doakan semoga KUA KEc. 50 Kab. Batu Bara bisa maju .... !!!! Aamiin !.

KUA KERINCI KANAN
17 November 2012 18.03

Assalamu'alaikum .... Kami dari KUA Kerinci Kanan Kabupaten Siak Provinsi Riau, selamat berjuang dengan SIMKAH, dan mohon dishare yang versi terakhir. Terima kasih ....

18 Januari 2013 09.59

SIMKAH memang oke

21 Februari 2013 06.02

Selamat dan sukses selalu untuk KUA Kec. Gedebage Kota Bandung.
Dari KUA Kec. Merawang Kab. Bangka Prop. Bangka Belitung (www.kuamerawang.blogspot.com)

27 Februari 2013 11.01

@KUA KECAMATAN MERAWANG Terimakasih..!!

Posting Komentar